Tips Terhindar Dari Efek Negatif Berita Hoax

Berita negatif yang beredar di dunia maya memang meresahkan penerima informasi itu sendiri. Sebuah berita online yang tidak jelas lebih baik digali lebih jauh lagi kebenarannya. Berita palsu harus Anda waspadai. Karena, apabila Anda mempercayai dan menyebarkan berita itu sendiri, maka efeknya bisa jadi Anda sendiri yang akan terlibat dalam masalah UU IT.

Hoax juga akan menjadi sumber kerusuhan bagi yang termakan atau terhasut oleh berita tersebut. Maka dari itu, seluruh jajaran di Ditjen IKP sedang bersinergi secara intensif dalam menetralisir informasi hoax di berbagai kanal.

Sebagai penggali informasi yang cerdas sebaiknya jika ada informasi yang belum jelas sumber dan kebenarannya, maka harus dikaji ulang. Jangan mudah terpengaruh karena akan merugikan banyak kalangan terutama pada yang menjadi topik pemberitaan.

Melawan hoax memang bukan hal yang mudah, namun ada tips yang bisa Anda lakukan supaya tidak terhasut dan dengan gampang menyebar berita negatif yang Anda dapat dari media online. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan di antaranya:

Mewaspadai Berita yang Mengandung Provokatif

Salah satu ciri dari berita hoax bisa terlihat dari judulnya yang mengandung provokatif. Hal ini memang sengaja dibuat untuk menarik pembaca agar membuka artikel berita tersebut. Artikel berita hoax yang dibuat sensasional pastinya akan lebih mengandung nilai daya tarik bagi pembaca.

Padahal isi di dalamnya bukanlah fakta yang sebenarnya. Ada penambahan informasi yang memang sengaja dibuat agar menimbulkan kontroversi bahkan kerusuhan. Tujuan dari pembuatan artikel tersebut bisa saja hanya untuk kesenangan pribadi atau ada maksud tertentu.

Periksa Fakta Dari Berita

Dunia bisnis memang sangat kejam sekali. Pesaing terkadang rela melakukan berbagai cara demiki menjatuhkan lawannya. Berita hoax sering dijadikan alat yang cukup ampuh untuk memberikan informasi negatif terhadap suatu perusahaan.

Jika Anda menemui jenis berita hoax atau yang berbau negative, lebih baik teliti dengan baik sumber dari berita negatif tersebut. Gali kembali apakah berita tersebut dari situs yang resmi atau berasal dari situs yang kurang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Teliti dan Cermat Keaslian Foto

Di era teknologi yang canggih konten sebuah berita tidak hanya berupa tulisan, tapi juga bermunculan konten berupa foto-foto bahkan juga video untuk mendukung isi dari berita lebih meyakinkan penerima informasi.

Audio visual memang lebih menarik apalagi ditambah editan yang keren. Sayangnya kemampuan mengedit video tidak dilakukan untuk jalan yang benar. Kelihaian dalam mengedit video yang aslinya benar bisa diplesetkan jadi salah. Untuk itu meskipun video atau Foto yang Anda lihat sangat meyakinkan, tetap perlu kroscek lebih jauh keasliannya.

Pastikan Alamat Situs dari Sumber Terpercaya

Banyak cara yang dilakukan oleh penyebar hoax supaya berita yang disebarkan terlihat asli. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mencantumkan alamat website atau situs dari sebuah artikel.

Adanya alamat website atau situs bukan menjadi indikator bahwa berita tersebut benar-benar teruji kebenarannya dan bisa dipertanggungjawabkan. Anda masih harus memverifikasi kembali situs tersebut berasal dari situs yang resmi atau tidak.

Dalam sebuah catatan yang datangnya dari Dewan Pers, kurang lebih ada 43.000 situs tersebar di Indonesia mengklaim dirinya sebagai sebuah situs yang resmi. Padahal setelah dilakukan verifikasi lebih lanjut, baru sekitar 300 situs saja yang diakui sebagai situs berita resmi.

Dari data tersebut sudah dapat dilihat bahwa penyebaran berita negatif, berita palsu atau hoax mudah sekali tersebar. Sebagai pebisnis yang terjun ke dunia maya harus siap menghadapi berita hoax semacam itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *